Saturday, December 15, 2012

Mendidik Anak Itu Mudah

Membaca judul di atas, pasti membuat para orang tua ingin mengeroyok saya, hehehe. Tapi memang begitulah kesimpulan yang saya dapatkan setelah membaca buku ini. Tenang, yuk baca dulu review-nya.


Judul: Mendidik Anak Sesuai Fitrah
Nama penulis: Sri Rahayu
Penerbit: Puspaindah Publisher
Tahun: 2011
Harga: Rp 25.000

Buku setebal 90 halaman ini ditulis oleh seorang wanita yang mempunyai latar belakang pendidikan parenting di Jepang. Beliau merupakan Ketua Yayasan Puspaindah sekaligus menjadi pembina dan pendamping di beberapa TK yang menggunakan metode Islamic Montessori. Melalui buku ini, beliau berharap dapat menjawab kegelisahan para orang tua akan arah pendidikan anak-anaknya khususnya pada masa golden age (0-5 tahun). Tau aja nih saya sedang galau tentang pendidikan Jav hihihi.

Di bagian prolog, disebutkan bahwa banyak muslim dan muslimah yang memperdalam ilmu tentang mendidik anak dari dunia Barat. Padahal sebenarnya tuntunan seputar ilmu mendidik anak telah diberikan Allah melalui Al-Quran dan Sunnah. Konsep pendidikan Montessori yang disuarakan oleh para ilmuwan Barat, ternyata banyak yang sudah diajarkan melalui Al-Quran dan Sunnah tersebut. 

Poin-poin yang dibahas di dalam buku ini adalah:

Mendidik anak sesuai fitrah

  • Allah SWT telah menciptakan manusia dengan fitrah pembawaan bakat belajar dan mandiri. Manusia tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan perkembangannya. Pada bagian ini dijelaskan tahapan periode sensitif pada anak. 
  • Beberapa tugas orang tua terhadap anak diantaranya adalah melindungi, mengarahkan, mempunyai kreativitas dan berwawasan luas, serta menanamkan aqidah sesuai syariah Islam. 

Konsep pendidikan sesuai fitrah 

  • Sebagai pendidik dan guru pertama anak, orang tua harus menunjukkan ketauladanan yang baik. 
  • Orang tua harus memahami karakter anak, yaitu unik, memiliki otak yang dapat menyerap informasi, selalu ingin belajar, dan belajar melalui bermain. 
  • Anak harus belajar melalui tahapan. Dimulai dari konsep yang sederhana sampai yang sulit melalui latihan dan perlu diulang-ulang, serta diberikan contoh dan penjelasan. 
Bagaimana anak bermain
  • Tidak ada satupun permainan anak yang tidak ada unsur belajar. Di bagian ini dijelaskan bagaimana cara orang tua memfasilitasi anak untuk bermain. Dan sebagai pelengkap, diberikan juga berbagai contoh permainan keterampilan hidup yang mengajarkan kemandirian, konsentrasi, koordinasi, dan motorik.
Menurut saya, buku ini sangat bagus untuk dibaca sebagai pengetahuan dasar dalam ilmu parenting sebelum membaca/mempelajari berbagai metode parenting lainnya.

Yang paling mengena di hati dan pikiran saya dari buku ini adalah bahwa karakter anak pada masa golden age memiliki otak seperti spons, membuat dia akan merekam, menyerap, dan mempraktekan apa yang dilihatnya. Inilah yang saya maksud dengan mendidik anak itu mudah. Karena tanpa perlu diajarkan, seorang anak dengan sendirinya akan meniru kebiasaan orang-orang di sekelilingnya (orang tua dan atau pengasuh). Saya tidak pernah mengajarkan anak saya mematikan televisi apabila sudah selesai menonton, membuang sampah, menyimpan sepatu di tempatnya, atau 'ikut-ikutan' mengambil wudhu, sholat, dan membaca Al-Quran. Semua dia lakukan atas kehendaknya sendiri setelah melihat kebiasaan orang-orang di sekelilingnya (orang tua dan keluarga). Di bawah ini video Jav (23 bulan) sedang membaca mantra 'ikut-ikutan' membaca Al-Quran. Maaf gambarnya jelek, yang ngerekamnya (saya) masih amatir hehe.

Sebagai orang tua, saya merasa yang sangat tidak mudah justru selalu memperbaiki kualitas diri agar dapat menjadi teladan yang baik bagi anak, sehingga apa yang terserap pada otaknya adalah hal-hal yang baik. Serta mendidik diri sendiri agar menjadi orang tua yang kreatif dan berwawasan luas, sehingga tumbuh kembangnya optimal.

~~~~~

Review buku ini diikutsertakan dalam "2012 End of Year Book Contest".


3 comments:

  1. Review yg bagus sekali mba. Sangat mencerahkan, bukunya ini layak baca buat orang tua manapun.

    Makasih ya uda berpartisipasi dlm 2012 End of Year Book Contest. Ditunggu review2 lainnya lho, hehe.

    ReplyDelete
  2. sama-sama..
    mudah2an bermanfaat..
    makasih ya udah mampir kesini :)

    ReplyDelete
  3. saya lagi nyari buku ini tapi susah bgd y ... ga da d pasaran

    ReplyDelete