Sunday, December 23, 2012

Baby Blues



Judul: Baby Blues 1: Siaga Satu Anak Pertama dan Baby Blues 2: Dimana Zoe? 
Penulis: Rick Kirkman & Jerry Scott
Penerbit: Buah Hati Books
Tebal/Ukuran: 124 halaman / 21x21 cm
Jenis Cetak : Soft cover/ Bookpaper
Harga: @ Rp 33.000


Kalau buku-buku parenting yang lain berisi teori-teori, buku yang ini berbeda karena isinya berbentuk komik yang sangat menghibur. Baby Blues merupakan komik parenting yang sangat terkenal di Amerika. Komik ini sudah terbit sejak Januari 1990, dan sampai sekarang masih dimuat di harian New York Times. Sayangnya, di Indonesia baru terbit dua buku saja.


Baby Blues bercerita tentang Darryl dan Wanda. Mereka adalah pasangan kelas ekonomi menengah yang baru mempunyai anak perempuan bernama Zoe.


Yang saya kurang suka dari buku ini:

  • Cetakannya buram dan kurang tajam
  • Bilingual, namun terdapat beberapa slank Bahasa Inggris yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia secara kurang tepat. Jadi saya lebih suka membaca versi Bahasa Inggrisnya.
Secara keseluruhan buku ini benar-benar menghibur, apalagi ceritanya kurang lebih sama dengan yang saya alami (dan mungkin juga orang tua lain).
  • Pada buku pertama, setelah Zoe lahir, kehidupan Darryl dan Wanda berubah 180 derajat. Digambarkan bagaimana mereka jungkir balik untuk beradaptasi. Tidak ada lagi tidur malam yang nyeyak dan tidak ada lagi tubuh yang terawat. Digambarkan juga bagaimana repotnya bepergian membawa bayi dan semua perlengkapannya, serta sulitnya bermesraan dengan pasangan hihihi.
  • Pada buku kedua, Zoe sudah berusia 7 bulan. Dia mulai merangkak dan belajar makan. Darryl dan Wanda sudah mulai bisa beradaptasi, namun muncul masalah baru diantaranya yaitu panik memikirkan biaya pendidikan dan dilema untuk kembali bekerja atau tidak.
Membaca buku ini, selain puas menertawakan Darryl dan Wanda (juga menertawakan diri sendiri), membuat saya merasa lega karena ternyata saya tidak sendiri. Karena sebanyak apa pun orang tua mempersiapkan diri, mereka tidak pernah bisa benar-benar siap, selalu saja ada hal tidak terduga yang muncul sepaket dengan makhluk mungil yang disebut bayi ini. Maka belajar menjadi orang tua adalah proses yang tidak pernah berhenti.

Buku ini bagus dibaca oleh semua kalangan, baik oleh:

  • Seorang single yang belum menikah
  • Pasangan yang sedang menanti kelahiran anak
  • Pasangan yang baru saja mendapatkan anak
  • Atau orang tua yang sedang stres jenuh dan butuh hiburan seperti saya :D
Semoga lanjutan dari komik ini bisa segera terbit :)

~~~~~

Review buku ini diikutsertakan dalam "2012 End of Year Book Contest".


Photobucket

No comments:

Post a Comment