Sunday, October 15, 2017

Blog Tour Pinocchio Husband: Review dan Photo Challenge



Detail Buku:
PENERBIT RORO RAYA SEJAHTERA
(IMPRINT TWIGORA)
NOVEL
PINOCCHIO HUSBAND
PIA DEVINA
SC; 14 x 20 cm
Jumlah Halaman: 264 hlm
Bookpaper 55 gr;
ISBN 978-602-60748-5-0
Harga: Rp70.000,-

Tagline:
Jangan berbohong pada orang yang mencintaimu.
Jangan mencintai orang yang berbohong padamu.

Blurb:
THE NOT-SO-HAPPY WIFE
“Aku akan menikah, Ma, Pa.”

THE PINOCCHIO HUSBAND
“Kita hanya perlu bersandiwara seperti ini.”

WEDDING OF LIES
Simbiosis mutualisme, begitu mereka menyebut pernikahan itu.
Gwen bisa kembali dipertemukan dengan adiknya yang telah lama hilang, sedangkan Tristan bisa menggunakan pernikahannya untuk menyukseskan ambisinya sebagai penerus bisnis keluarga.
Dan setelah keduanya mendapatkan yang mereka mau, bercerai adalah langkah selanjutnya.

HAPPILY NEVER AFTER?
Kehidupan pernikahan mereka yang menyerupai roller coaster—termasuk borok memalukan yang setengah mati disembunyikan oleh keluarga besar Gwen—mendekatkan jarak di antara mereka. Menumbuhkan perasaan yang diikuti dengan pertanyaan besar: apakah keduanya sudi berkompromi demi harapan bahwa pernikahan ini akan berjalan lebih dari sekadar lima bulan?

Review
Novel ini bercerita tentang Gwen Lalita yang tiba-tiba dilamar oleh Tristan Pranaja. Gwen adalah seorang news anchor Berita 9 di sebuah stasiun TV lokal swasta. Gadis berusia tiga puluh satu tahun ini memiliki perawakan tinggi kurus dengan penampilan eksotis dan kapasitas otak yang pantas diacungi jempol.

Adapun Tristan adalah seorang bujang berusia tiga puluh dua tahun yang merupakan anak laki-laki satu-satunya di keluarga Pranaja. Karena itulah dia mendapatkan kesempatan paling besar untuk meneruskan kerajaan bisnis milik ayahnya, Pranaja Developer.
Saya ingin kamu menikah dengan saya. Kamu kandidat yang sempurna untuk menjadi seorang istri dari keluarga Pranaja.
(Halaman 33)
Layaknya sebuah perjanjian bisnis, kontrak pernikahan mereka tidak akan berlangsung selamanya, hanya lima bulan saja. Yang penting, mereka sudah sama-sama mendapatkan apa yang diinginkan. Tristan telah menempati posisi tertinggi di Pranaja Developer. Begitu juga Gwen yang akhirnya dipertemukan oleh Tristan dengan Guruh, adik tirinya.

Namun dalam perjalanannya, sandiwara sebagai suami istri dan masa lalu kelam keluarga yang selalu disimpan Gwen membuat hubungan mereka menjadi semakin dekat.
Jantung Gwen semakin berdegup keras saat Tristan bergerak mendekat dan memanggil namanya. Kilasan beberapa jam yang lalu, saat dia merasa aman dalam pelukan Tristan, melahirkan gelenyar keinginan yang sebelumnya tidak pernah terlintas di kepalanya.
(Halaman 151)
~~~

Judul dan gambar sampul depan novel ini sangat eye catchy ya. Blurb di sampul belakangnya pun cukup membuat penasaran.

Novel yang terdiri dari sembilan belas fragmen ini dibuka dengan adegan yang langsung menuju ke pemicu konflik utama. Yaitu pertemuan pertama antara Gwen dan Tristan. Ketika itu Tristan menjadi tamu dalam acara yang dipandu Gwen. Dan saat itu pula Tristan tiba-tiba mendapatkan inspirasi untuk menjadikan Gwen sebagai istri bohongannya.

Tema seperti ini memang cenderung klise. Ending-nya pun sudah bisa ditebak. Namun dengan plot yang kuat, pemilihan karakter tokoh utama yang menarik, dan cara penuturan penulis yang memikat membuat novel ini begitu menghibur dan sangat layak untuk dibaca. 

Melalui sudut pandang orang ketiga, chemistry yang muncul di antara kedua tokoh utamanya terasa cukup menggemaskan. Saya suka bagaimana kelakuan Tristan yang sering menggoda Gwen. Bikin senyum-senyum sendiri. Tapi emosi saya sih lebih teraduk-aduk dengan kisah masa lalu keluarga Gwen yang perlahan terus terkuak melalui alur maju mundur.

Pinocchio Husband bukan novel Pia Devina yang pertama kali saya baca. Sebelumnya saya sudah membaca tiga novelnya. Dari keempat karya penulis tersebut, saya menyimpulkan bahwa kisah masa lalu yang belum selesai dan alur maju mundur merupakan ciri khas penulis. Maaf kalau sok tahu, hihihi....

Photo Challenge
Berikut beberapa foto saya dengan pose kaku seperti boneka kayu ;)




30 comments:

  1. aku langsung terpesona sama animasi foto mbak lia lagi pose pinokio :D

    ReplyDelete
  2. Niatnya mau komen reviewnya yang malah bikin penasaran karena ending yang bisa ditebak - Aku tipe yang merasa sukses saat bisa menebak ending atau konflik tersembunyi sebuah kisah...hahaha - tapi melihat fotonya kok malah lebih penasaran cara bikinnya gimana itu? 😅😅

    ReplyDelete
  3. Siapa yang tidak kenal dengan sosok boneka kayu ini, ternyata Kakak berhasil mengilustrasikannya dalam bentuk gambar animasi diatas. Qiqiqiqiqi... keren...

    ReplyDelete
  4. Kan kalo Pinocchio identik dengan hidung yang bertambah panjang kalo boong. Gwen ama Tristan gimana tuh nasibnya??.
    Saya paling suka dengan cerita seperti ini. Suka bikin baper. Dari awal nggak saling kenal, tapi yang menarik memang bagaimana berkembangnya perasaan keduanya menjadi lebih kuat dan makin solid. Karena memang ada keinginan pribadi masing2 yg berusaha dipenuhi.
    Well, banyak jalan menuju Roma. Semua punya caranya masing2 dalam bertemu jodohnya☺

    ReplyDelete
  5. Hehe ada foto challenge-nya.
    Kyknya ntr endingnya nikahnya berlanjut sampai mau memisahkan nih kyknya :D

    ReplyDelete
  6. Saya menantikan 'bagaimana kelakuan Tristan yang sering menggoda Gwen' yang udah kakak singgung. *^_^*
    Saya juga tertarik dg pertanyaan Rohaina Lilis 'Kan kalo Pinocchio identik dengan hidung yang bertambah panjang kalo boong. Gwen ama Tristan gimana tuh nasibnya??' *sekarang saya jadi benar-benar kepikiran*

    Btw, reviewnya detail. Penjabaran kelemahan dan kekuatan novel ini cukup membantu saya memutuskan mau lanjut ikut giveaway ini atau tidak, hehe.
    Dan akhirnya saya putuskan untuk lanjut! ;)

    ReplyDelete
  7. Setelah baca review ini, semakin tertarikk buat bisa melukin novel mya mbak Pia. Huaaaaa semoga saya beruntung.

    ReplyDelete
  8. Simbiosis mutualisme, begitu mereka menyebut pernikahan itu.

    quotes ini yang membuat aku tertarik untuk membaca novel ini. Keuntungan apa yang akan mereka dapatkan ketika mereka memutuskan untuk menikah? dan bagaimana kelanjutan pernikahan yang berlandaskan simbiosis mutualisme tersebut.

    selain quotes itu, aku juga tertarik dengan cover yang fotokable.. apa hubungannya si boneka kayu membawa cinta dengan kisah Gwen - Tristan? Cover itu mengingatkanku pada teater boneka.. boneka yang digerakkan oleh manusia yang mengalirkan jalan cerita.. apakah kisah Gwen - Tristan sama seperti teater boneka? ahh jadi penasaran..

    dan aku pengen berkenalan dengan kak Pia Devina dan tulisannya.

    semoga aku beruntung mendapatkan 1 eksemplar novel #PinocchioHusband ini

    ReplyDelete
  9. Sebelumnya juga udah pernah baca novel Carrying Your Heart-nya mbak Pia. Itu juga tentang masa lalu dan menggunakan alur maju mundur sih hehe.. Novel ini juga begitu ya? Mau dong baca, kak. Biar punya pengalaman dan pembuktian kayak mbak Donna *kedip-kedip*

    Aku nggak anti kisah klise sih, yang penting seperti yang mbak bilang plot yang kuat, pemilihan karakter tokoh utama yang menarik, dan cara penuturan penulis yang menentukan kisah itu. Setiap kisah yang menarik selalu menemukan pembacanya. Tertarik banget baca novel ini ^^

    ReplyDelete
  10. "Tema seperti ini memang cenderung klise. Ending-nya pun sudah bisa ditebak. Namun dengan plot yang kuat, pemilihan karakter tokoh utama yang menarik, dan cara penuturan penulis yang memikat membuat novel ini begitu menghibur dan sangat layak untuk dibaca. "

    Aku mupeng baca ulasan kakak yang itu.. Maksudnya dibuat penasaran pakek bangett..
    Btw, review-nya singkat tapi ngena bangett penasarannya, heheeh (aku sukaaa)..

    Ihh challenge-nya kerenn dan menantang yaa :)

    ReplyDelete
  11. Pas ngescroll reviewnya aku bingung apa yang bergerak2 di bawah. Eh pas kuliat ternyata boomerang foto mba nathalia. Itu talinya beneran digantung dan diikat ke tangan mbak? Niat bener.
    Btw ini maksudnya pinokio husband apa ya? Apa gwen menganggap tristan itu seperti pinokio? Suka bohong dong tristan? Kayaknya harus baca sendiri buat cari tau maksud dari "pinokio husband". Semoga bisa berjodoh ya dengan novel ini^_^

    ReplyDelete
  12. Jangan berbohong pada orang yang mencintaimu.
    Jangan mencintai orang yang berbohong padamu.
    Tagline ini langsung memikat hati saya ketika membaca postingan ini. Dgn judul "Pinocchio Husband" membuat saya berpikir apakah buku ini bercerita tentang suami yang memiliki sifat seperti pinokio, yaitu suka bohong. Ternyata ceritanya ttg pernikahan bohongan demi kepentingan kedua belah pihak.
    Di bagian bawah saya kembali terhenyak dengan foto challenge, hehe.. Beneran niruin boneka kayu yg kaku.. 😀

    ReplyDelete
  13. Saling menguntungkan sih...cuma kalau ada maksud lain jg rasanya ada yg mengganjal. Iyah ya...endingnya bs ditebak. Tapi moga ajah bener kata mbak, cara penceritaannya asik dan plotnya manis

    Btw foto gif-nya lucu mbak...mirip boneka

    ReplyDelete
  14. Ahaaa suka nih sama novel yg ada bau bau jurnalismenya, penyiar berita pasti cantik dinamis, tapi rela melakukan pernikahan bohongan karena alasan tertentu, jadi gak sabar pingin baca bukunya

    ReplyDelete
  15. uh-oh ada bisnis dibalik pernikahan.

    bagaimana syoknya Gwen saat tbtb dilamar seseorang?
    ini nih, tema mainstream yang entah kenapa sellau sukses buat saya penasaran. terlebih saya belum pernah baca karya kak Pia sebelumnya *maaf kak.
    terlebih mbak Natha bilang 'penuturan penulis yang memikat' membuat saya making penasaran, apakah berlaku but saya? apakah saya terpikat juga?

    saya selalu suka dan ketagihan sama tema setipe ini yg mengangkat pernikahan sebagai ajang bisnis dan kedua tokoh yg memiliki permasalahan pelik.
    duuuh, kak Nath, aku kepoo nih sama Gwen..
    bagaimana kisah mereka? bagaimana eksekusi permasalahan mereka? akankah ada kisah yg bisa kupetik dan ku terapkan ke kehidupan sehari-hari?

    mau dong ngintip gimana Tristan ngegoda Gwen >< siapa tau nanti ikutan baper:v

    ReplyDelete