Thursday, October 2, 2014

Resensi Letters to Aubrey @ Koran Jakarta

Alhamdulillah…. Setelah beberapa kali mengalami penolakan serta mendapatkan kritik membangun dari redakturnya, resensi saya dimuat lagi di Rubrik Perada Koran Jakarta edisi 30 September 2014. Dengan banyak editan, tentunya.

Versi cetak (Dok. Pribadi)
Judul awalnya 'Menjadikan Kelemahan Sebagai Sumber Kekuatan', diedit menjadi 'Mengubah Kelemahan Menjadi Sumber Kekuatan'. Isinya merupakan resensi dari buku 'Letters to Aubrey', kumpulan surat yang berisi tentang pengorbanan dan harapan seorang ibu untuk putrinya yang berkebutuhan khusus akibat terinfeksi virus Rubella. Buku yang sarat akan cinta ini ditulis oleh Grace Melia dan diterbitkan oleh Stiletto Book pada bulan Mei tahun 2014.

Versi online (Dok. Pribadi)
Versi online-nya bisa dibaca di sini :)

Dari beberapa penolakan sebelumnya, serta dari kritik yang saya dapatkan, agar resensi bisa dimuat di Koran Jakarta itu harus:
  • Meresensi buku dengan tebal minimal 200 halaman.
  • Teliti. Jangan sampai salah memasukkan informasi yang terkandung di dalam buku.
  • Gunakan kalimat-kalimat netral. Berbeda dengan menulis review di blog, jangan terlalu melibatkan emosi dalam menulis resensi untuk media cetak.
  • Patuhi syarat minimal jumlah karakter yaitu 4000 karakter (walaupun selama ini saya mengamati resensi yang dimuat biasanya berkisar antara 3000-4000 karakter).
  • Kreatif. Hindari pengulangan kata, sehingga tidak membosankan.
Masih harus banyak belajar meresensi buku nih ;)

10 comments:

  1. Iya.. menulis resensi memang berbeda dengan menulis novel. Kita harus bersikap netral dalam mengulasnya. Dan juga penulis harus pandai membahasakan maksud yang terkandung dalam buku yang dibaca. Terutama penulihan kata2, harus terkesan lincah dan menarik. Dalam hal ini penulis harus paham isinya. jadi tidak berupa rangkuman.

    ReplyDelete
  2. Well noted. Thanks buat sharingnya ya mak.

    ReplyDelete
  3. Congratulation... Semoga maju terus dengan tulisan yang mencerahkan umat....

    ReplyDelete
  4. Trimakasih mbak sudah berbagi tips.. :)

    ReplyDelete
  5. sharing yang bermanfaat banget Mbak... :) semoga akan ada resensi2 berikutnya yang dimuat ya,...

    ReplyDelete