Tuesday, September 10, 2013

Review Buku: Underground

Dok. Pribadi
Detail Buku
Judul: Underground
Penulis: Ika Natassa
Desain sampul: Ika Natassa
Penerbit: nulisbuku.com
Tebal: 385 halaman
Harga: Rp 90.000 Gratis (hadiah dari nulisbuku.com untuk #FF2in1 yang ini)

Review
Saya butuh waktu yang lamaaa untuk membaca buku ini. Selain karena bukunya memang tebel banget dan tulisannya juga kecil-kecil (ngeliat sepintas aja saya udah cape duluan hehehe...), juga gara-gara kepotong ikut #10daysforASEAN. Tapi meskipun begitu, saya SUKAAA buku ini.

Cerita di dalam buku ini menggunakan dua sudut pandang. Kadang menggunakan sudut pandang orang ketiga, tetapi sebagian besar menggunakan sudut pandang orang pertama yaitu Liv tokoh utama dalam cerita ini. Liv Hunter adalah seorang VJ di stasiun televisi musik yang bernama Underground. Dia baru saja dinobatkan sebagai '50 most beautiful people' oleh sebuah majalah.

Dengan setting kota New York, buku ini menceritakan kehidupan Liv bersama sahabat-sahabatnya di Underground. Temanya standar, enggak jauh-jauh dari persahabatan dan percintaan dengan latar belakang dunia perkuliahan dan dunia pertelevisian. Sederhana, tapi ternyata bisa membuat saya terhibur. Buku ini terasa fresh dan berbeda dari buku-buku yang saya baca akhir-akhir ini.

Awalnya, saya agak-agak bingung dengan jumlah tokohnya yang sangat banyak. Tapi pelan-pelan saya dituntun untuk memahami tokoh-tokoh tersebut dan hubungan di antara mereka. Jumlah tokoh yang banyak, menggunakan Bahasa Inggris (tenang, Bahasa Inggrisnya ringan kok, enggak perlu buka kamus hihihi...), ceritanya yang full dengan dialog, dialog antar tokoh yang smart dan renyah, serta cara penulis membagi adegan-adegannya membuat saya merasa tidak seperti sedang membaca novel tapi seperti menonton episode-episode serial televisi remaja Amerika. Seru dan bikin enggak mau berhenti baca.

Saya paling suka bagian yang menunjukkan persahabatan Liv dan Stefan. Bagaimana mereka peduli satu sama lain dan akhirnya dengan malu-malu tapi mau menyadari bahwa mereka ternyata saling menyayangi. Ah ngegemesin. Kalau udah pacaran sih enggak ngegemesin lagi :D

Selain itu saya juga suka buku ini karena bisa membuat saya bernostalgia ke jaman waktu SMP dulu. Yak, ketauan deh saya angkatan tahun berapa hahaha... Jamannya MTV. Belum lagi judul-judul video klip yang disebut-sebut ketika para VJ itu sedang syuting. I'll Be Missing You-nya Puff Daddy, Frozen-nya Madonna, Disco 2000-nya Pulp, Torn-nya Natalie Imbruglia. Duh jadi berasa kembali ke masa muda hihihi...

Rating
Saya memberikan tiga setengah dari lima bintang untuk novel pertama Ika Natassa ini. Novel ini ditulis ketika umurnya 19 tahun loh.

4 comments:

  1. Wah jd penasaran, udah lama banget gak baca novel tebel lagi. Akhir2 ini lbh sering baca2 blog meskipun silent reader..
    selamat pagi mak :)

    ReplyDelete
  2. hemmm, saya suka blognya...soft dan simple :)

    ReplyDelete
  3. genre apanya nih kalo boleh tau?

    ReplyDelete