Wednesday, March 4, 2015

Wishful Wednesday [76]

Asyik! Udah haru Rabu lagi :) Minggu ini kepingin buku apa yah.... Hmmm, mungkin buku parenting lagi :D


Anak Juga Manusia 
oleh Angga Setyawan
Anak bukan barang yang kita pesan dari katalog yang disertai buku panduannya. Dia adalah titipan Tuhan dan sudah sepatutnya diperlakukan dengan baik. Anak juga bukan robot yang tinggal plug and play. Dia punya hati dan perasaan karena anak juga manusia.
Sesungguhnya, anak tidak butuh orangtua yang sempurna, melainkan teman yang bersedia untuk tumbuh dan belajar bersamanya. Jika orangtua bertambah ilmunya seiring mendampingi anak, akan lebih mudah baginya dalam mendidik anak.
Buku ini merupakan kultweet @anakjugamanusia yang telah berhasil menggugah puluhan ribu orangtua di Twitter untuk senantiasa menyediakan diri dan hati untuk selalu belajar menjadi yang terbaik bagi anak. Dilengkapi ilustrasi menarik, dipaparkan lebih dalam, dan diperkaya dengan kutipan renungan, buku ini adalah kado terindah bagi Anda, para orangtua, calon orangtua, dan pemerhati anak.


Kenali Anakmu
oleh Angga Setyawan
“Jika kita menilai seekor ikan dari caranya memanjat pohon, kita akan menilai bahwa ikan tersebut sangatlah bodoh.”
-Albert Einstein
Begitulah yang terjadi jika orangtua salah menilai anaknya. Alih-alih bangga, orangtua justru menjadi kecewa dan mengeluh. “Kenapa, ya anakku malas belajar? Kerap memukul? Enggak percaya diri? Suka berbohong? Sulit dinasihati? Tidak mandiri?”
Sebelum membuat kesimpulan dan justru melabeli anak dengan label negatif, coba tanyakan kepada diri Anda sendiri. “Jangan-jangan, kita yang sudah merusak semangat belajarnya. Mungkin anak hanya meniru yang dia lihat. Apakah sudah tepat cara kita mengasuh dan mendidiknya?”
Sesungguhnya, perilaku anak adalah respons dari apa yang dia lihat, dengar, dan rasakan. Agar dapat membantu anak berkembang dengan maksimal, kita harus mengenali karakter anak yang sudah pasti berbeda antara satu dengan yang lain. Dengan begitu, perlakuan pada setiap anak juga bisa jadi berbeda.
Yuk kenali anak kita! Dengarkan dengan hati dan beri dia kesempatan agar tumbuh menjadi manusia dewasa yang mandiri dan mampu berjuang dalam hidup.
***
Angga Setyawan adalah seorang praktisi parenting dan wirausahawan yang menggagas gerakan Orangtua Berilmu, Anak Indonesia Bermutu. Akunnya @AnakJugaManusia telah diikuti puluhan ribu follower yang sama-sama ingin belajar menjadi orangtua yang selalu menyediakan hati untuk anak. Bukunya dengan judul yang sama, juga mendapat respons yang luar biasa dan telah dicetak berkali-kali.
Apa Wishful Wednesday-mu minggu ini?



6 comments: