Friday, October 28, 2016

Review: My First Qur'an Story [3]

my first qur'an story
Detail Buku
Judul: My First Qur'an Story
Penulis: Tasaro GK
Penyunting: Yadi Saeful Hidayat
Ilustrator: Rizqia Sadida
Penerbit: Mizania Kids
Cetakan: I, Mei 2016
Tebal: 312 halaman
ISBN: 978-602-418-025-6
Harga: Rp 199.000

Review 
Sebelumnya Review: My First Qur'an Story [2]

Kali ini, saya akan berbagi pengalaman menggunakan buku My First Qur'an Story untuk melatih whole language pada Jav. Kebetulan beberapa waktu yang lalu, saya baru mengikuti kelas literasi di sekolah Jav.

Apa saja whole language itu? Whole language bukan hanya membaca dan menulis seperti dalam calistung. Whole language yaitu kemampuan berbahasa secara utuh. Terdiri dari menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Itupun sebelum dipraktikkan, anak harus terlebih dahulu dipastikan bahwa kebutuhan bergeraknya sudah terpenuhi ya.

Latihan Menyimak.
Yaitu memperbanyak kosakata yang dimiliki anak dengan cara membacakan cerita. Kisah-kisah pada buku My First Qur'an Story menggunakan gaya bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh Jav. Namun tetap menggunakan diksi yang menarik, sehingga Jav enggak merasa bosan. Tentu saja harus dibarengi dengan intonasi yang mendukung. Selain itu, dengan membacakan cerita para nabi dari buku My First Qur'an Story, bukan hanya dapat memperkaya kosakata Jav tetapi juga menambah wawasannya terutama dalam hal pengetahuan agama Islam. 

Latihan Berbicara.
Salah satu caranya yaitu dengan meminta anak untuk menceritakan gambar pada buku. Kadang, saya meminta Jav untuk bergantian membacakan beberapa kisah dalam buku My First Qur'an Story. Iya, Jav belum bisa membaca tulisan. Oleh karena itu, saya memintanya untuk membaca gambar dan menceritakannya dengan kalimat sendiri. Ilustrasi pada buku My First Qur'an Story cantik-cantik. Ditambah dengan ingatan Jav dari cerita yang sudah pernah saya bacakan, dia pun bisa bercerita dengan lancar. Lucu deh.

Latihan Membaca. 
Bukan dengan cara mengeja seperti n-a na b-i bi nabi. Tetapi belajar mengenal huruf dulu, lalu secara bertahap mengenal suku kata, dan terakhir mengenal kata. Untuk mengenal huruf, Jav sudah bisa. Sekarang saya sedang melatih Jav untuk mengenal suku kata. Jadi saya meminta Jav untuk mencari suku kata tersebut di dalam buku My First Qur'an Story. Contohnya mencari suku kata ba, bi, bu, dan seterusnya. Seru loh. Apalagi, jenis huruf, ukuran huruf, dan jarak antar baris yang digunakan pada buku My First Qur'an Story pun pas sehingga dapat dibaca oleh Jav dengan jelas. 

Latihan Menulis. 
Bisa dengan cara meraba huruf dengan tekstur tertentu. Kebetulan tulisan judul pada sampul buku My First Qur'an Story menggunakan huruf yang timbul. Jav bisa belajar tracing huruf pada tulisan judul tersebut menggunakan jari telunjuknya. 

Kesimpulannya, buku My First Qur'an Story ini bagus banget. Manfaatnya bukan hanya dapat menambah pengetahuan anak mengenai kisah para nabi serta meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Namun bisa juga digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

6 comments:

  1. ouh, bisa sekalian belajar baca ya. Raissa lagi belajar baca tulis soalnya nih

    ReplyDelete
  2. Ini aku pengen beli dari kemaren2 hihihihi beneran deh minat banget beli buku ini buat Raya, baca review ini semakin pengen beliiiii

    ReplyDelete
  3. Paket komplit ya. Nggak cuma layaknya buku cerita aja. Bisa saya rekomendasikan ini ke murid 😀

    ReplyDelete